Pulau Tidung Serta Keindahan Di Dalamnya



Pulau Tidung merupakan salah satu bagian dari kepulauan seribu yang  ditetapkan sebagai salah satu ekowisata. Selain itu Pulau Tidung juga masuk ke dalam Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). Pulau Tidung merupakan pulau yang memiliki luas lahan sekitar 50 hektar.



Untuk menuju Pulau Tidung dapat dengan menaiki kapal dari Pelabuhan Angke, Jakarta Utara dengan waktu tempuh sekita 2.30 menit – 3 jam dengan biaya penyeberangan sekitar 50-60 ribu rupiah.

Pulau dengan laut yang bersih dan indah ini memiliki banyak spot wisata seperti jembatan cinta, dermaga cinta, gembok cinta, banana boat, saung cemara kasih, dan masih banyak lainnya.


Kurniawan R Akbar (Awan)
Ketua Pelaksana Summer Study Reaction Goes to Tidung 2019


Sepertinya pengelola wisata Pulau Tidung sangat memahami apa yang dapat menarik minat masyarakat saat ini. Dengan spot foto dan juga nama-nama yang dapat menarik antusiasme masyarakat menjadikan Pulau Tidung ramai oleh pengunjung. Pada saat Weekdays mencapai 400 – 500 pengunjung sedangkan pada weekend bisa mencapai 1.000 – 4.000 pengunjung, hal ini di ungkapkan oleh Sahrudin yang merupakan Kepala Seksi Pemerintahan Pulau Tidung saat menyampaikan sambutannya pada acara Summer Study Reaction Goes to Tidung 2019 yang diselenggarakan oleh mahasiswa Public Relations Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UHAMKA.

Warga di Pulau Tidung memiliki mata pencaharian sebagai pedagang, pemilik homestay, penyedia alat snorkeling, dan juga menyediakan jasa penyewaan sepeda.

Yang unik dari Pulau Tidung adalah disana mayoritas pengunjung menggunakan sepeda untuk berkeliling pulau atau menuju spot-spot pariwisata. Udara di Pulau Tidung bisa dikatakan bersih karena disana lebih sering menggunakan sepeda dibandingkan kendaraan bermotor.

Pulau Tidung Kecil

Bibit Bakau yang Siap Ditanam

Bibit Bakau yang Baru Ditanam



Di pulau Tidung pengunjung dapat ikut berpartisipasi menjaga laut dengan menanam bakau di Pulau Tidung kecil seperti yang dilakukan oleh mahasiswa Public Relations Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UHAMKA yang menanam 150 bibit bakau di Pulau Tidung Kecil . Untuk ke Pulau Tidung kecil dapat ditempuh dengan sepeda lalu berjalan kaki melewati jembatan cinta. Di Pulau Tidung Kecil merupakan tempat yang asri karena disana ditanami oleh banyak jenis pepohonan.

Pulau Tidung Sore Hari


Pulau Tidung juga memiliki pantai yang sangat indah dan bersih, pantai yang jernih membuatnya semakin indah. Namun, menurut Sahrudin, masih ada beberapa pengunjung yang masih belum bisa menjaga kebersihan pantai.

Tentunya ini sangat disayangkan karena laut merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat menjanjikan. Tidak hanya menjadi destinasi wisata namun kekayaan yang dimiliki laut juga bisa menjadi sumber mata pencaharian bagi masyarakat sekitar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Green Ease Coffee

ONLINE SHOP, RUANG BISNIS TANPA BATAS