Review: Pinocchio, Ketika Hidup Tidak Bisa Berbohong



"TV bisa membunuh orang yang tak bersalah hanya dengan satu pernyataan" -Dal Po

                Drama Korea Pinocchio ini bercerita tentang kehidupan jurnalis yang diperankan kan oleh Lee Jong Suk sebagai Dal Po dan Park Shin Hye sebagai In Ha. Dal Po dan In Ha ini bekerja sebagai jurnalis di stasiun TV yang berbeda. Dal Po sebagai sosok yang tampan namun sayang penampilan dirinya terlihat berantakan dan  kurang terurus, Dal Po ini memiliki ingatan yang sangat tajam. In Ha merupakan sosok yang cantik dan uniknya In Ha ini memiliki syndrome yang disebut ‘pinocchio’ yang dimana penderita syndrome ini tidak bisa berbohong, ketika Ia berbohong maka Ia akan mengalami cegukan sampai Ia menyampaikan apa yang terjadi sebenarnya. 

             Dal Po merupakan anak angkat dari kakek In Ha, yang menyebabkan In Ha harus memanggil Dal Po dengan sebutan paman, padahal mereka berdua masih seumuran. Dal Po memiliki kisah hidup yang menyedihkan, sewaktu kecil, Ia sudah ditinggal Ayahnya meninggal dalam tragedi kebakaran, sedangkan ibunya meninggal karena depresi akibat tekanan yang diberikan oleh warga sekitar, dan sang kakak pergi entah kemana. Keluarga Dal Po dikucilkan dari lingkungan sekitar karena difitnah oleh salah satu reporter stasiun TV. Hingga akhirnya Dal Po diangkat anak oleh kakek dari In Ha.

           Tak jauh berbeda dengan Dal Po, In Ha juga mengalami masa yang pahit sewaktu kecil. Orang tua dari In Ha harus bercerai sehingga In Ha harus tinggal bersama ayah dan sang Kakek. Hal inilah yang menyebabkan Dal Po dan In Ha harus tinggal bersama sejak mereka masih anak-anak. Kebersamaan menimbulkan benih-benih cinta diantara mereka berdua. Namun hal itu berubah sejak Dal Po tau kalau Ibu dari In Ha merupakan reporter yang memfitnah keluarganya. Dal Po sendiri dilanda kebimbangan, disatu sisi Ia ingin membalaskan dendam masa kecilnya, namun disisi lain Ia mencintai In Ha.



                Drama Pinocchio ini sebenarnya drama lama,  tayang pada tahun 2014 tepatnya pada bulan november yang tayang di SBS. Drama yang berjumlah 20 episode dan berdurasi kurang lebih satu jam ini memiliki jalan cerita yang agak rumit, namun tetap asyik. Drama bergenre romance, family ini berhasil meraih rating 8.3/10. Akting Lee Jong Suk dan Park Shin Hye gak usah diragukan lagi mereka merupakan aktor dan aktris ternama di Korea. Lee Jong Suk sudah banyak memerankan berbagai drama dan film, begitu juga dengan Park Shin Hye. Drama ini juga diperankan oleh Kim Young Kwang (Bum Jo), Lee Yoo Bi (Yoo Rae), dan beberapa aktor ternama lainnya.


 



                Secara keseluruhan drama yang bercerita tentang kehidupan jurnalis ini menarik untuk diikuti, namun ceritanya memang agak dibuat rumit. Konflik yang terjadi sambung menyambung antara masalah yang satu dengan masalah yang lainnya, antara pelaku yang satu dengan pelaku lainnya. Drama ini menceritakan bagaimana keterikatan antara media dan kekuasaan. Bagaimana media dikendalikan oleh orang-orang yang memiliki kekuasaan, sehingga menyebabkan adanya pihak tidak bersalah yang harus menjadi korban. Dalam drama ini juga diperlihatkan bagaimana keberpihakan media dengan kekuasaan, seakan berita bisa dibeli begitu saja dengan mudahnya. Memperlihatkan bagaimana para penguasa membuat pengalihan isu untuk menutupi kasus-kasus yang dapat menjatuhkannya.



                Tidak hanya menampilkan sisi lain dari media, dalam drama ini juga menampilkan bagaimana seorang jurnalis dan media yang jujur, dalam arti media dan jurnalis tersebut tidak memiliki keterikatan dengan penguasa. Menampilkan berita yang sebenar-benarnya terjadi.

                Director dan writer dalam drama ini adalah Jo Soo Won dan Park Hye Ryun yang merupkan director dan writer yang sama dalam drama I Can Hear Your Voice yang juga diperankan oleh Lee Jong Suk. Drama ini terbilang sukses dan berhasil meraih beberapa penghargaan, diantaranya adalah SBS Special Award, Best Couple Award, Most Popular Actor, Best Director, dan masih banyak penghargaan lainnya.


Sumber:
asianwiki.com/Pinocchio_(Korean_Drama)
https://www.instagram.com/p/BOkgaQ2BkbZ/?utm_source=ig_share_sheet&igshid=34d48pci6rsi
https://www.instagram.com/p/wvpSXgvdRo/?utm_source=ig_share_sheet&igshid=y28yyzkjl8z6
https://www.instagram.com/p/BCPLGPDvdQm/?utm_source=ig_share_sheet&igshid=q91x7jzzsiu
http://asianwiki.com/images/0/0f/Pinocchio_%28Korean_Drama%29-p1.jpg
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Green Ease Coffee

ONLINE SHOP, RUANG BISNIS TANPA BATAS